Bisnis yang pernah Populer namun sekarang sudah tidak laku.

JUAL BELI KASET 
Bisnis jual beli kaset sempat populer ketika belum ada format penyimpanan digital, dahulu para mahasiswa kalau kehabisan uang sering menjual koleksi kasetnya, jika punya uang bisa membeli koleksi yang lain dengan harga murah.

 

JASA PENGETIKAN MANUAL
Jasa pengetikan dahulu sempat ramai sebelum tahun 90-an dimana komputer masih sangat jarang, dan dahulu agar mudah mencari pekerjaan para pelamar harus kursus dahulu bahasa inggris dan kursus mengetik.

 

RENTAL KOMPUTER
Rental Komputer sempat populer di tahun 90-an dimana para mahasiswa sering mengerjakan tugas-tugas.

 

WARTEL
Usaha ini sangat populer di era 90an, dimana saat itu handphone masih mahal dengan pulsa yang mahal juga. Oiya, bayaran telepon rumah juga mahal saat itu. Nah orang-orang yang haus akan berkomunikasi pun muter otak untuk melepaskan dahaganya. Waktu itu ada sih telepon umum, tapi secara tempat kurang nyaman. Kemudian beberapa orang ngeliat adanya peluang usaha di sini, dan akhirnya dibikin lah warung telepon (wartel) yang sebenernya sama aja kayak telepon umum, tapi dengan tingkat kenyamanan lebih tinggi. Wartel pun lantas jadi idola, baik buat pengguna maupun orang yang mau buka usaha. Singkat kata, saat itu kamu gak bakal kesulitan buat nyari wartel. Tapi sayangnya bisnis ini turun pamor seiring dengan harga handphone yang relatif lebih murah, dan tentunya dengan adanya pulsa pra bayar. Kan lebih enak pacaran di telepon sambil tiduran di kamar ketimbang nyender di dalem bilik wartel.

 

RENTAL KASET VIDEO / LASER DISK DAN VCD
bisnis tahun 90-an Saat format menonton sebuah film udah berubah dari VHS ke VCD yang jauh lebih simpel dan murah, usaha penyewaan VCD pun jadi booming. Lucunya, lebih banyak yang buka usahanya itu nyewain VCD bajakan ketimbang yang original. Tapi jenis usaha ini gak berlangsung lama ketika harga VCD semakin murah (bajakan), dan akhirnya orang-orang pun mulai ngerubah format usahanya dari sewa jadi jual. Nah jual VCD bajakan juga gak lama sih umurnya, karena kemudian muncul yang namanya DVD. Akhirnya orang pun mulai usaha jualan DVD, yang lagi-lagi bajakan. Ada juga sih yang jual originalnya, tapi tetep kalah laku ketimbang yang bajakan. Kalau Laser Disk jarang yang memiliki playernya sehingga mereka yang buka Sewa Laser Disk biasanya juga menyewakan VCD original, dengan harga sewa yang mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *