Macromedia FreeHand masih layak digunakan

Macromedia FreeHand versi terakhir Versi 11.0.2 atau lebih dikenal juga dengan nama Freehan MX, dirilis pada tahun 2004. Software ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang bekerja di dunia percetakan atau design grafis.

Sofware ini cukup ringan sehingga dapat berjalan di Komputer lama P4 dan sanggup bekerja dengan gambar resolusi tinggi untuk keperluan cetak ukuran A4- A3 hingga ukuran poster. Untuk pembuatan banner ukuran besar gambar vektor tampil sempurna tidak pecah ketika dicetak, sedangkan untuk foto (gambar bitmap) ukuran besar sebaiknya menggunakan file JPG dengan resolusi 150 dpi.

Membuat desain Logo atau meredraw logo sangat mudah dengan tool-tool yang dimiliki. Membuat design stikerpun software ini cukup powerfull dan tidak ribet karena tool nya nggak terlalu banyak seperti Illustrator. Untuk membuat desain dengan foto resolusi tinggi juga cukup ringan, karena foto ditampilkan dengan resolusi rendah tapi ketika dicetak menghasilkan cetakan resolusi tinggi. Hal ini lah yang menjadi kelemahan freehand, tampilan dilayar tidak sama persis dengan hasil cetak.

Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris). Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator.
FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.
Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.
PENGHENTIAN PENGEMBANGAN
Setelah Freehand di akusisi oleh Adobe, software ini justru tumpang tindih dengan produk Adobe yang lain yaitu Adobe Ilustrator. Sehingga akhirnya diputuskan menutup dan menghentikan pengembangan Macromedia Freehand pada tanggal 15 Mei 2007. Seluruh komponen dalam program Freehand tidak akan diterbitkan lagi dan tidak ada pembaharuan. Dan sebagai  gantinya Adobe mengembangkan Adobe Ilustrator dengan menyematkan berbagai fitur freehand di dalamnya. Versi terakhir Macromedia Freehand adalah versi 11.0.2 yang di rilis pada tahun 2004.
Namun meski Freehand dihentikan pengembangannya dan tidak ada pembaharuan lagi, kita tetap bisa menggunakan versi lama yang cukup bisa diandalkan untuk membuat gambar animasi grafis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *